Address : Jl. Samanhudi No. 20 Medan

Call Us Today : (061) 4158383

  • Call Us Today! (061) 4158383
  • Alamat: Jl. Samanhudi No. 20 Medan, Sumatera Utara - Indonesia
  • Email: customer_assistance@stellamarishospital.com
blog

Tips agar Tumbuh Kembang anak Optimal

Setiap orangtua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, agar tumbuh-kembangnya terjadi secara optimal. Seiring dengan proses pertumbuhan dan perkembangan anak, mereka akan menghadapi tantangan secara emosional ataupun fisik. Orang tua perlu memastikan anak bertumbuh dan berkembang secara optimal agar si kecil dapat tumbuh layaknya teman-teman seusianya. Yuk, simak penjelasan berikut ini


Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Berikut ini beberapa tips yang bisa dipertimbangkan agar tumbuh kembang anak optimal:

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil

Cara pertama dan paling utama dalam mendorong tumbuh kembang anak adalah memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Hal ini juga dapat mencegah pertumbuhan yang buruk (stunting) jika kebiasaan makan sehat dan seimbang diperhatikan sejak kecil.

Beberapa kebutuhan nutrisi dasar yang perlu dipenuhi, antara lain:

  • Kalori: Sumber energi ini bisa didapatkan dari berbagai makanan dengan kandungan karbohidrat dan lemak. Kalori dapat memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak secara tepat. Pilih makanan sehat yang kaya nutrisi, seperti buah-buahan dan telur.

  • Protein: Zat ini berguna untuk membentuk jaringan, otot, dan sistem imunitas. Contoh beberapa makanan yang mampu memenuhi kebutuhan protein anak, yaitu yogurt, susu, daging ayam, daging ikan, dan lainnya.

Ada juga beberapa nutrisi penting untuk memastikan tumbuh kembang anak, seperti:

  • Zinc

  • Zat besi

  • Vitamin A

  • Kalsium

  • Vitamin D

2. Pantau Pertumbuhan Anak

Selain memberikan nutrisi yang memadai, orangtua juga perlu melakukan pemeriksaan pertumbuhan anak secara rutin. Cobalah untuk melakukannya secara teratur, contohnya menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan sebulan sekali.

Ukur dan catat berat serta tinggi badan anak menggunakan timbangan yang ada serta pengukur tinggi badan. Plot pada kurva yang sesuai menurut umur. Jika tinggi badan tidak sesuai dengan angka yang diharapkan, atau berat badan tidak bertambah dalam beberapa bulan, bisa jadi anak mengalami masalah pertumbuhan.

Saat hal ini terjadi, diperlukan evaluasi lebih jauh oleh Dokter anak Konsultan Tumbuh Kembang dan ahli Dokter gizi anak. Sehingga, langkah yang tepat bisa diambil agar pertumbuhan anak kembali ke jalur yang benar.

3. Imunisasi

Imunisasi bertujuan agar anak terlindungi dari berbagai penyakit menular berbahaya. Ada banyak penyakit yang mengancam nyawa anak yang bisa dicegah dengan imunisasi, seperti TBC, polio, tetanus, dan lainnya. Jika ibu masih ragu dengan imunisasi yang diperlukan si kecil, sebaiknya langsung bertanya pada Dokter Spesialis Anak yang ada di RSIA Stella Maris.

Itulah beberapa hal yang perlu dipenuhi sebagai cara untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Bila Moms and Dads masih memiliki pertanyaan seputar cara mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, silahkan konsultasi langsung ke Dokter Spesialis Tumbuh Kembang Anak Stella, Dr.dr.Hj.Sri Sofyani,M.Ked(Ped),Sp.A(K).

Stella Family dapat membuat appointmentnya  melalui aplikasi kami di bit.ly/stellaapps .

Di review oleh
Dr.dr.Hj.Sri Sofyani,M.Ked(Ped),Sp.A(K)

Tags

RSIA Stella Maris tumbuh kembang anak anak Tumbuh Kembang Stella Tips Tips and Tricks nutrisi vitamin imunisasi