Address : Jl. Samanhudi No. 20 Medan

Call Us Today : (061) 4158383

  • Call Us Today! (061) 4158383
  • Alamat: Jl. Samanhudi No. 20 Medan, Sumatera Utara - Indonesia
  • Email: customer_assistance@stellamarishospital.com
blog

MITOS/FAKTA: Ibu Hamil Dilarang Tidur Pagi Hari?

Konon banyak ragam pantangan yang harus dihindari oleh Ibu hamil, salah satunya adalah tidur di pagi hari sebab dianggap dapat mengganggu kesehatan sang Ibu sekaligus tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Benarkah demikian?

Banyak orang tua yang mengatakan bahwa Ibu hamil sangat dilarang untuk tidur di pagi hari bahkan saat mengantuk akibat sulit tidur di malam harinya. Kabar-kabarnya, tidur setelah matahari telah bersinar dapat menyebabkan sel darah putih Ibu hamil melonjak naik sehingga membahayakan kehamilan dan kesehatan janin.


Itu Hanyalah Mitos!

Moms perlu memahami bahwa ketika hamil, hampir setiap perempuan akan mengalami peningkatan sel darah putih. Akan tetapi ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan kebiasaan tidur di pagi hari yang mungkin banyak dilakukan Ibu hamil yang sulit tidur di malam harinya.

Peningkatan ini sebenarnya terjadi sebagai respon dari perubahan fisik maupun fungsi organ pada tubuh Ibu hamil untuk mendukung kehamilan dan tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Biasanya kadar sel darah putih akan kembali menjadi normal pada 4 minggu setelah melahirkan.

Tidur memang merupakan kenikmatan yang hakiki bagi setiap orang, terutama bagi mereka yang sangat mengantuk dan kurang tidur. Diketahui pula bahwa tidur yang cukup mampu membawa manfaat besar untuk kesehatan termasuk untuk Ibu hamil.

Selain itu saat hamil terjadi perubahan hormonal dan fisik yang menyebabkan Ibu hamil lebih rentan merasa kelelahan sehingga membutuhkan lebih banyak tidur yakni sekitar 7 - 9 jam. Namun akibat alasan yang sama, tak sedikit pula Ibu hamil yang mengeluhkan kesulitan tidur di malam hari.

Bahkan sebagian Ibu hamil bisa mengalami insomnia di sepanjang kehamilan yang disebabkan oleh bolak-balik buang air kecil, mual dan muntah, hingga rasa nggak nyaman pada perut dan sekujur tubuh.

Jadi bila Moms merasa kurang tidur dan sangat mengantuk ketika matahari telah terbit, mengapa tidak? Kurang tidur saat hamil justru mampu meningkatkan risiko Ibu hamil mengalami komplikasi kehamilan seperti pre-eklampsia dan bisa membahayakan keselamatan Ibu hamil serta janinnya.

Nah sekarang Moms nggak perlu takut lagi untuk tidur di pagi hari. Malahan saat hamil, Moms sangat dianjurkan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup semisal dengan tidur siang, tidur lebih cepat di malam hari atau bisa juga dengan bangun lebih lama alias masih tidur di pagi hari.

Namun bila tidur sudah cukup tapi Moms masih tetap merasa sangat lelah dan mengantuk seharian, sebaiknya segera konsultasikanlah hal ini kepada Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan RSIA Stella Maris favorit Stella Family untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Tags

RSIA Stella Maris obgyn dokter kandungan mitos/fakta mitos tidur siang