Address : Jl. Samanhudi No. 20 Medan

Call Us Today : (061) 4158383

  • Call Us Today! (061) 4158383
  • Alamat: Jl. Samanhudi No. 20 Medan, Sumatera Utara - Indonesia
  • Email: customer_assistance@stellamarishospital.com
blog

Manfaat Sunat Pria Segala Usia

Sirkumsisi alias khitan/sunat merupakan salah satu tindakan medis dengan cara memotong sebagian ujung kulit yang menutupi kepala penis. Tindakan ini sangat banyak dilakukan di RSIA Stella Maris Medan semasa bayi baru lahir dan atau liburan sekolah.

Secara medis tak ada batasan usia untuk di-sirkumsisi, namun semakin bertambahnya usia seseorang maka semakin tinggi pula resiko dilakukan sirkumsisi terutama berakibat pada pendarahan sebab berkaitan dengan ukuran penis dan pembuluh darah.

Rata-rata usia disunat adalah berkisar pada rentang lima hingga lima belas tahun, namun dapat dilakukan sedini mungkin sejak baru lahir. Saat ini sudah banyak kaum pria dewasa yang sadar akan manfaat sunat sehingga juga melakukan tindakan sunat meski sudah berumur di atas 30 tahun.

Manfaat Sunat untuk Kesehatan

Menurut penelitian World Health Organization (WHO) tahun 2007 silam, sirkumsisi bermanfaat mencegah penularan penyakit HIV/AIDS serta membuat penis menjadi lebih bersih sehingga dapat mencegah penyakit menular seksual lainnya seperti HPV (Human Papiloma Virus), kanker penis, kanker serviks, phimosis (kulit/kulup yang menguncup), juga mencegah menumpuknya smegma atau kotoran dan sisa urin di daerah ujung penis.

Apa saja metode-metode Sirkumsisi?

  1. Metode konvensional dilakukan dengan cara memotong langsung kulup dengan alat potong, seperti gunting atau pisau bedah. Metode sunat ini telah digunakan sejak lama dan masih banyak digunakan saat ini.
  2. Metode Laser (Electrical Cauter) yakni dengan menggunakan pemanas elektrik yang ditembakan ke ujung penis untuk memotong kulup.
  3. Metode Klem dilakukan dengan memasang alat klem dibatang penis sesuai dengan ukuran dan kemudian  kulup dipotong dengan pisau bedah. Klem akan terpasang pada penis hingga luka mongering.
  4. Metode Stapler atau disebut juga metode sunat dewasa / remaja puber. Mengabungkan potong dan jahit dengan alat stapler berbentuk lonceng dibagian dalam untuk melindungi kepala penis, lonceng lain yang luar yang punya pisau bundar untuk memotong kulup.

Dimana Kita Bisa Melakukan Sirkumsisi?

RSIA Stella Maris Medan Mempunyai Paket Sirkumsisi dengan harga yang menarik dan ditangani langsung oleh dokter ahli  dan tenaga kesehatan yang professional.

Tags

stella sirkumsisi sunat bedah khitan pria