Address : Jl. Samanhudi No. 20 Medan

Call Us Today : (061) 4158383

  • Call Us Today! (061) 4158383
  • Alamat: Jl. Samanhudi No. 20 Medan, Sumatera Utara - Indonesia
  • Email: customer_assistance@stellamarishospital.com
blog

Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Pir merupakan salah satu buah yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Buah ini memiliki rasa manis dan menyegarkan, serta memiliki tekstur yang khas. Selain lezat, buah pir juga memiliki sederet manfaat bagi siapa saja yang mengonsumsinya, termasuk ibu hamil.

Manfaat buah pir untuk ibu hamil tak hanya mampu mencukupi kebutuhan gizi saja, namun buah pir bagus untuk ibu hamil karena juga memiliki kemampuan melawan infeksi di dalam tubuh. Selain itu, masih ada beragam manfaat buah pir untuk ibu hamil lainnya yang perlu Moms ketahui. Simak selengkapnya yuk!

Amankah Makan Buah Pir saat Hamil?

Buah pir aman untuk dimakan selama kehamilan. Buah pir memiliki kalori yang rendah dan nilai gizi tinggi yang dibutuhkan bagi ibu hamil. Salah satunya adalah asam folat yang bermanfaat untuk membantu perkembangan otak janin dalam kandungan. Namun, perlu diketahui bahwa konsumsi pir selama kehamilan tidak boleh berlebihan. Sebab,  jika ibu terlalu banyak makan makanan yang mengandung folat, hal tersebut dapat membahayakan anak.

Asam folat yang berlebihan saat hamil dapat meningkatkan resistensi insulin dan malah dapat memperlambat perkembangan otak anak.  Pernyataan tersebut juga didukung oleh sebuah penelitian 2017 silam yang dipublikasikan pada National Library of Medicine. Hasilnya, anak berusia 4 dan 5 tahun yang ibunya mengonsumsi lebih dari 1.000 mikrogram asam folat per hari saat hamil mendapat skor lebih rendah bila dibandingkan anak-anak yang ibunya mengonsumsi 499-999 mikrogram folat per hari.

Nutrisi dan Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Buah pir mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin C, A, hingga B6 dan mineral lain dalam jumlah sedikit seperti tembaga, kalsium, fosfor, magnesium, dan folat. Selain itu, buah pir juga mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal bahaya radikal bebas.

Karena kandungan gizinya yang beragam, tak heran jika tersimpan berbagai manfaat buah pir untuk ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pir untuk ibu hamil:

1. Membantu Melawan Infeksi

Buah pir untuk ibu hamil dapat membantu melawan infeksi penyakit yang mungkin muncul. Buah pir yang manis dan lezat dapat membantu tubuh mencegah penyakit menular seperti pilek, batuk, atau flu musiman. Buah pir juga memiliki peran penting untuk mengobat sejumlah penyakit seperti infeksi paru (bronchitis, pneumonia) hingga hepatitis.

2. Mencegah dan meringankan sembelit

Sembelit merupakan salah satu keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil. Sembelit saat hamil bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari perubahan hormon, rahim yang membesar, kurang minum air putih, hingga kurangnya asupan serat.

3. Meringankan gejala morning sickness

Buah pir mengandung berbagai jenis vitamin B. Vitamin B3 berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan meredakan migrain, sedangkan vitamin B6 berperan penting dalam mendukung perkembangan fungsi otak dan sistem saraf bayi.

4. Mencegah kram saat hamil

Keluhan kram kaki yang kerap dialami ibu hamil mungkin disebabkan oleh kekurangan mineral, seperti kalium dan magnesium. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, ibu hamil perlu banyak mengonsumsi sayuran hijau dan buah segar seperti pir dan pisang, yang mengandung nutrisi tersebut.

5. Mencegah bayi terlahir cacat

Buah pir juga mengandung folat yang penting bagi tumbuh kembang janin dalam rahim. Asam folat untuk ibu hamil baik untuk mendukung produksi sel darah merah dan membantu perkembangan saraf otak dan sumsum tulang belakang janin.

agar mengonsumsi buah pir tetap dalam batas aman, ibu sebaiknya berkonsultasi  kepada Dokter Spesialis Kandungan Stella terlebih dahulu. Tujuannya agar ibu mengetahui takaran yang tepat untuk mengonsumsi pir yang aman bagi ibu dan kandungan. Sebab, setiap orang tentunya memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda.

Selain berhati-hati dalam memilih makanan saat hamil, idealnya Moms juga perlu memeriksakan kandungan secara rutin setiap bulannya.  Tujuannya agar Dokter dapat memantau kondisi Moms dan janin dalam kandungan. Jika ada komplikasi kehamilan maka dokter dapat langsung mengatasinya, sebelum keadaan kian memburuk.

Untuk appointment ke Dokter Spesialis Obgyn Stella, silahkan hubungi Hotline / WhatsApp kami di 0811-6252-468.
 

Di review oleh
Dr. Elisia, Sp.OG

Tags

RSIA Stella Maris buah buah pir pir hamil kandungan obgyn manfaat