Address : Jl. Samanhudi No. 20 Medan

Call Us Today : (061) 4158383

  • Call Us Today! (061) 4158383
  • Alamat: Jl. Samanhudi No. 20 Medan, Sumatera Utara - Indonesia
  • Email: customer_assistance@stellamarishospital.com
blog

Vaksin Anak dari rumah, why not ?

Hai Moms and Dads, Anak merupakan karunia terbesar yang diberikan Tuhan kepada kita, betul tidak ? Semua tentang anak tentu kita akan selalu memberikan yang terbaik, apalagi di masa pandemi ini. Demikian pula tentang imunisasi, yang notabene biasanya dilakukan di puskesmas atau rumah sakit.

Pertanyaan yang muncul, di masa pandemi ini, bagaimana kita bisa lakukan vaksinasi ? Terpikir ke rumah sakit aja kadang ada perasaan malas atau enggan. Walau sebenarnya Rumah Sakit itu sebenarnya adalah tempat teraman bila kita menginginkan pelayanan medis.

Anjuran IDAI mengenai vaksinasi anak saat pandemic

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), DR.Dr. Aman B. Pulungan,SpA(K), FAAP, FCPI (Hon), menganjurkan imunisasi lengkap sesuai usia dengan jadwal yang tetap mengikuti rekomendasi yang berlaku. IDAI juga menyebutkan penundaan vaksinasi hingga 2 minggu masih dapat ditoleransi. “Sebaiknya tetap berhubungan atau berkonsultasi dengan dokter atau petugas kesehatan,” tulis IDAI dalam rilisnya.

 

Adapun vaksinasi yang sebaiknya dilakukan sesuai jadwal disebutkan IDAI adalah hepatitis B0, BCG, Polio 0, dan DPT+Hib+Hepatitis B1 agar anak terlindungi. Mengingat beberapa vaksin dianjurkan untuk tetap dilakukan sesuai dengan waktunya, adakah solusi lain memastikan anak divaksinasi tanpa harus ke rumah sakit? Ada. Layanan Home Visit  atau vaksinasi langsung ke rumah bisa menjadi solusi bagi para orang tua agar anak tetap divaksinasi sesuai jadwal.

Tips Aman untuk Vaksin Anak dari rumah

Walaupun banyak rumah sakit sekarang sudah menawarkan fasilitas Home Visit untuk Vaksin Anak, ada baiknya Moms and Dads juga memperhatikan beberapa tips berikut :

  1. Memahami tentang jadwal dan tipe vaksin anak sehingga mengetahui batas toleransi waktu untuk melakukan vaksin tsb. Bisa dengan berkonsultasi dengan dokter anak atau perawat, tentang periode vaksin anak tsb.
  2. Jangan sungkan menanyakan ke rumah sakit bahwa Tenaga Medis yang ditugaskan sudah memakai atribut lengkap APD. Agar bisa saling menjaga dan waspada dari penyebaran Covid 19
  3. Mengetahui kondisi anak yang divaksin. Bila Anak sedang demam, ada baiknya menunda vaksinasi sd kondisi anak membaik.
  4. Menyediakan ruangan tertutup yang bersih, rapi dan luang, agar proses vaksinasi nanti berjalan dengan lancar.
  5. Dikarenakan Vaksinasi dilakukan di rumah, maka usahakan hanya orang tua dan anak yang mau divaksin yang ada di ruangan tsb. Anggota keluarga yang lain, diusahakan tidak mengerumuni atau ikut masuk ke ruangan vaksinasi.

 Jadi sebenarnya sangat mudah bukan, untuk Moms and Dads  menyiapkan segala sesuatunya agar si buah hati bisa divaksin dari rumah. So Stay Healthy yah Moms and Dads ….

Data diambil dari berbagai sumber di health.detik.com  

Tags