Address : Jl. Samanhudi No. 20 Medan

Call Us Today : (061) 4158383

  • Call Us Today! (061) 4158383
  • Alamat: Jl. Samanhudi No. 20 Medan, Sumatera Utara - Indonesia
  • Email: customer_assistance@stellamarishospital.com
blog

Bagaimana Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Hai Moms and Dads,

 

Masa Pandemi ini memang merubah banyak hal didalam kehidupan kita. Banyak sektor bisnis yang tergerus, banyak pula muncul pemain pemain baru dan juga rontoknya pemain bisnis lama sudah sering kita dengarkan di masa pandemi ini. Banyak perusahaan juga melakukan Work From Home karena PSBB di beberapa kota besar sehingga perusahaan tidak bisa beroperasional secara normal.

 

Mengatur Keuangan Keluarga juga menuntut perhatian lebih. Harus memiliki berbagai strategi pengaturan yang berbeda agar kita senantiasa bisa survive di masa pandemi ini. Berikut kami sampaikan beberapa tips mengatur keuangan sbb :

 

Tidak Panic Buying

 

Kehadiran virus corona covid-19 membuat masyarakat panik. Akibatnya sejumlah masyarakat berbondong-bondong menyerbu pusat-pusat perbelanjaan lalu melakukan panic buying. Panic buying adalah kegiatan berbelanja langsung dalam jumlah banyak akibat panik.

 

Padahal, panic buying menjadi hal yang sebaiknya dihindari di saat ini. Sebab, panic buying justru bisa jadi menjebak kita membeli barang yang sebenarnya tidak betul-betul kita perlukan. Dampaknya, kita akan menjadi lebih boros karena membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

 

Buat Anggaran Belanja Rutin

 

Tips mengatur keuangan selama pandemi virus corona covid-19 kedua adalah dengan membuat anggaran belanja rutin. Selama berada di situasi pandemi virus corona covid-19 seperti saat ini, pendapatan berkurang. Jadi, ada baiknya Moms and Dads membuat anggaran belanja rutin.

 

Anggaran belanja ini bisa dibuat per minggu atau per bulan, tergantung pada kebutuhan dan kebiasaan. Anggaran belanja rutin cukup berisi hal-hal yang pokok saja, seperti bahan makanan, listrik, gas, dan sebagainya. Dengan begitu, Moms and Dads hanya akan menggunakan uang untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan.

 

Buat Skala Prioritas

 

Selain anggaran belanja, ada baiknya Moms and Dads juga membuat skala prioritas. Apa bedanya dengan anggaran belanja? Skala prioritas bisa diisi dengan barang-barang yang sebenarnya ada di luar kebutuhan pokok seperti buku, alat gambar, atau benda lain yang menurut Moms and Dads penting atau cukup penting.

 

Sama seperti anggaran belanja rutin, pembuatan skala prioritas ini akan sangat membantu kita dalam menentukan kebutuhan mana yang mendesak dan perlu didahulukan dan mana yang bisa dipenuhi belakangan. Bahkan, dengan skala prioritas, kita juga bisa mengetahui barang yang sebenarnya memang tidak perlu dibeli selama masa pandemi virus corona covid-19.

 

Jadi, dengan skala prioritas, Moms and Dads akan lebih mudah untuk mengeliminasi barang di luar kebutuhan pokok yang perlu dibeli dan tidak. Dengan begitu, kondisi keuangan kita akan menjadi lebih terkontrol.

 

Mempersiapkan Dana Darurat

 

Meski sedang dalam keadaan yang sulit, jangan pernah mengesampingkan anggaran dana darurat. Sebab, dana darurat memang penting untuk kesiapsiagaan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, di saat pendapatan tidak selancar biasanya seperti saat ini, tidak masalah jika anggaran ini dipangkas lebih kecil dari biasanya.

 

Apalagi di saat seperti ini ketika kesehatan menjadi hal yang paling penting. Anggaran dana darurat akan sangat bermanfaat untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu kesehatan terganggu, lalu perlu membeli obat atau memeriksakan diri ke dokter.

 

Catat Setiap Pengeluaran

 

Tips keuangan di saat pandemi virus corona covid-19 berikutnya adalah dengan mencatat setiap pengeluaran. Lakukan pencatatan untuk setiap pengeluaran yang sudah dilakukan, sekecil apapun itu. Sebaiknya, pencatatan ini dilakukan secara rutin setiap hari.

 

Tidak berhenti di pencatatan saja, sebaiknya kita juga melakukan evaluasi, apakah pengeluaran sudah sesuai dengan anggaran yang sudah direncanakan sebelumnya atau belum. Dari kegiatan evaluasi pengeluaran ini Moms and Dads juga akan bisa menyimpulkan, anggaran atau pengeluaran mana saja yang bisa dipangkas untuk ke depannya.

 

Mencari Sumber Penghasilan Lainnya

 

Meski terdengar sulit, namun jika memungkinkan mulailah untuk mencari sumber penghasilan lain. Di saat seperti ini, kita tidak bisa hanya mengandalkan penghasilan saja.

 

Keadaan yang mendesak seperti saat ini, terkadang bisa memaksa kita untuk berpikir lebih kreatif. Jadi, mulai coba memikirkan usaha yang sekiranya bisa digunakan sebagai sumber penghasilan sampingan. Namun, tentunya usaha tidak bisa dijalankan dengan sembarangan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari modal hingga potensi.

 

So Selamat Mengatur Keuangan Keluarga dan Keep Healthy yah Moms and Dads  …

 

Data diambil dari berbagai sumber di plus.kapanlagi.com

Tags

stella artikel tips