Address : Jl. Samanhudi No. 20 Medan

Call Us Today : (061) 4158383

  • Call Us Today! (061) 4158383
  • Alamat: Jl. Samanhudi No. 20 Medan, Sumatera Utara - Indonesia
  • Email: customer_assistance@stellamarishospital.com
blog

3 Cara Menghitung Usia Kehamilan

Setiap ibu hamil penting untuk mengetahui usia kehamilannya agar bisa mendapatkan hari perkiraan lahir yang akurat. Namun, banyak wanita yang tidak mengetahui cara menghitung usia kehamilan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui usia kehamilan.

Setelah dinyatakan hamil, salah satu hal penting yang perlu diketahui ibu hamil adalah usia kehamilannya. Usia kehamilan ini perlu dihitung secara akurat supaya bumil maupun dokter dapat memantau perkembangan atau pertumbuhan organ janin yang sedang berkembang. Bahkan, mengetahui usia kehamilan juga bisa memudahkan bumil dalam memprediksi hari kelahiran bayi. 

Namun, banyak ibu hamil yang bingung bahkan tidak tahu cara menghitung usia kehamilan. Nah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung usia kehamilan dengan tepat.


Cara Menghitung Usia Kehamilan

Ada tiga cara untuk menghitung usia kehamilan, yaitu dari hari pertama haid terakhir, tanggal mengalami ovulasi dan melalui pemeriksaan ultrasonografi. Begini cara penghitungan ketiganya;

1. Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)

HPHT adalah cara yang paling umum digunakan untuk menghitung usia kehamilan. Cara ini mungkin lebih mudah apabila ibu mengalami haid secara teratur tiap bulannya. Jika ibu mengalami haid yang teratur dan mengetahui hari pertama haid terakhir, maka usia kehamilan dapat dihitung dari tanggal tersebut. Usia kehamilan dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir ibu dan bukan dari tanggal pembuahan.

Pembuahan biasanya terjadi sekitar 11-21 hari setelah hari pertama haid terakhir. Setelah mengetahui tanggal menstruasi terakhir, bumil bisa memperkirakan hari perkiraan lahir (HPL) dengan menambahkan 40 minggu dari hari pertama menstruasi. 

Bagi wanita yang memiliki periode menstruasi tidak teratur atau wanita yang tidak dapat mengingat hari pertama menstruasi terakhirnya, mungkin sulit untuk menentukan usia kehamilan menggunakan metode ini. Dalam kasus ini, pemeriksaan ultrasonografi sering diperlukan untuk menentukan usia kehamilan.

2. Tanggal Ovulasi

Cara menghitung usia kehamilan yang lainnya adalah dengan menghitung dari tanggal ovulasi (pelepasan sel telur). Ovulasi biasanya terjadi sekitar 2 minggu setelah hari pertama haid. Bisa dibilang cara ini lebih akurat untuk melakukan penghitungan usia kehamilan yang sebenarnya. Salah satu tanda ovulasi yang bisa kamu ketahui adalah dengan melihat kekentalan lendir serviks. Namun, sayangnya tidak semua wanita mengetahui dan menyadari kapan dirinya mengalami ovulasi.

3. Pemeriksaan Ultrasonografi

Pengukuran bayi melalui USG pada awal kehamilan (Trimester Pertama) adalah cara yang paling akurat. Biasanya, pemeriksaan ini bisa dilakukan sejak usia kandungan mencapai 5-6 minggu. Nah, waktu terbaik untuk memperkirakan usia kehamilan menggunakan USG adalah antara minggu ke-8 dan ke-18 kehamilan. 

Pada trimester pertama, pemeriksaan USG akan berfokus untuk mengukur panjang dari bagian atas kepala hingga bagian bawah bokong bayi. Pada tahap akhir kehamilan, USG mengukur bagian tertentu dari tubuh bayi termasuk perut, kepala, dan tulang paha untuk memastikan usia kehamilan dan pertumbuhan janin.


Manfaat Pemeriksaan Kehamilan

Sekadar informasi, ibu hamil dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan setidaknya 4 kali, yaitu 1 kali pada trimester pertama, 1 kali pada trimester kedua, dan 2 kali pada trimester ketiga. Bumil juga perlu memberi tahu dokter terkait kondisi yang dirasakan saat kunjungan pemeriksaan agar dokter bisa memprediksi usia kehamilan secara tepat. Berikut manfaat pemeriksaan kehamilan yang perlu bumil ketahui:

  • Memantau kemajuan proses kehamilan untuk memastikan kesehatan pada ibu dan tumbuh kembang janin.
  • Mengetahui adanya komplikasi kehamilan sejak dini
  • Menjaga kesehatan ibu dan bayi sehingga proses persalinan berjalan tanpa hambatan.
  • Menurunkan jumlah angka kematian pada ibu maupun bayi.

Jika Moms memiliki pertanyaan seputar kehamilan, silahkan datang untuk konsultasi langsung ke Dokter Spesialis Obgyn RSIA Stella Maris. Untuk appointmentnya, Stella Family dapat menghubungi Hotline / WhatsApp kami di 0811-6252-468.

Tags

RSIA Stella Maris Usia Kehamilan Kehamilan Trimester Obgyn